News Update :

Kisi-kisi MUMET Jarkom by temen-temen alay

Monday, January 16, 2012

VERSI ALAY JABALY

1. Dalam TCP IP ada post number itu apa?

Jawab :

.

2. Ada beberapa protokol yang digunakan HTTP itu apa?portnya berapa,fungsinya apa?

Jawab :

1. www (world, wide, web) (protokol HTTP versi 0.9) th 1990

2. HTTP versi 1.0.th 1996

3. HTTP versi 1.1 th 1999

(kurang port m fungsinya)


3. FTP itu apa?,DNS itu apa?

Jawab :

a. FTP (File Tranfers Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

b. Domain Name System(DNS).DNS pada dasarnya adalah sebuah basisdata yang terdistribusi yang melakukan pemetaan antara alamat IP dengan nama domain dan sebaliknya.


4. POP3 itu apa?NSF itu apa?

Jawab :

POP3 “is intended to permit a workstation to dynamically access a maildrop on a server host in a useful fashion. Usually, this means that the POP3 protocol is used to allow a workstation to retrieve mail that the server is holding for it.“

NSF (network share file) Adalah sebuah kumpulan protokol yang digunakan untuk mengakses beberapa sistem berkas melalui jaringan.


5. Seandainya ada alamat domain berapa,IP dan portnya??dll

jawab :


6. cara melakukan ipconfig untuk mengetahui domain dan ip pada windows?

Jawab :

Cara melakukan ipconfig untuk mengetahui domain dengan cara masuk ke ‘star menu’ lalu klik ‘run’ kemudian ketikan “cmd” akan masuk ke ‘command prompt’ kemudian ketikan “ipconfig” maka akan muncul ip dan domain dari komputer yang digunakan.


7. . apa nama protokol yang digunakan untuk mengirim Email?

Jawab :

- Mailto, Protokol mailto digunakan untuk mengirim email melalu jaringan internet.

- SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Protokol ini digunakan untuk pengiriman email dengan menggunakan aplikasi email client (outlook express, eudora, thunderbird), dengan identitas port 25.


8. cara menghubungkan komputer per to per dengan cabel Cat5, dan dengan usb?(beri gambaran)?

Jawab :


9. apa perbedaan kabel cat 5 , cat5e , cat 6?

Jawab :

- Kabel UTP cat5 hanya dapat melakukan transmisi data sebesar 100 Mbit/s, kapasitas maksimum ini sama dengan kapasitas kemampuan ethernet dalam mengirimkan signal data 100BASE-TX

- Kabel Cat5e memiliki kemampuan speed maksimal 350 Mhz atau setara dengan 1 Gbit/s. Selain memiliki kemampuan speed 1Gbit/s, cat5e memiliki noise yang sangat kecil ketika mengirimkan data jika dibandingkan dengan cat5, hal ini dapat dilihat dengan minimnya waktu delay respon ketika mengirimkan data besar.

- Kabel Cat6 ini memiliki kemampuan waktu delay yang nyaris 0 [ nol ] ketika mengirimkan data, sekaligus memiliki kemampuan maksimal panjang kabel lebih dari 100 meter. Maksimal kabel cat6 adalah 200 meter dan maksimal lebar data adalah 10Gbit/s

10. apa fungsi protokol ARP?

Jawab : ARP digunakan untuk mengubah alamat IP menjadi alamat Ethernet (sebenarnya tidak selalu harus Ethernet)


11. bagai mana cara mengetahui dns primer dan skunder pada komputer?

Jawab :


12. . apa alamat IP itu (ip 4 dan ip 6) jelaskan?

Jawab :

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet

Tabel berikut menjelaskan perbandingan karakteristik antara alamat IP versi 4 dan alamat IP versi 6.

Kriteria Alamat IP versi 4

Alamat IP versi 6

Panjang alamat 32 bit 128 bit

Jumlah total host (teoritis) 232=±4 miliar host 2128

Menggunakan kelas alamat Ya, kelas A, B, C, D, dan E.

Belakangan tidak digunakan lagi, mengingat telah tidak relevan dengan perkembangan jaringan Internet yang pesat. Tidak

Alamat multicast Kelas D, yaitu 224.0.0.0/4

Alamat multicast IPv6, yaitu FF00:/8

Alamat broadcast Ada

Tidak ada

Alamat yang belum ditentukan 0.0.0.0 ::

Alamat loopback

127.0.0.1 ::1

Alamat IP publik Alamat IP publik IPv4, yang ditetapkan oleh otoritas Internet (IANA)

Alamat IPv6 unicast global

Alamat IP pribadi Alamat IP pribadi IPv4, yang ditetapkan oleh otoritas Internet

Alamat IPv6 unicast site-local (FEC0::/48)

Konfigurasi alamat otomatis Ya (APIPA) Alamat IPv6 unicast link-local (FE80::/64)

Representasi tekstual Dotted decimal format notation Colon hexadecimal format notation

Fungsi Prefiks Subnet mask atau panjang prefiks

Panjang prefiks

Resolusi alamat DNS

A Resource Record (Single A) AAAA Resource Record (Quad A


13. manfaat penggunaan jaringan komputer?

Jawab :

- Dapat mengetahui data secara mudah

- Mrmbust pekerjaan menjadi efisien dan praktis

- Dapat saling sharing file atau data dengan mudah dan cepat


14. jelaskan cara memberikan IP statis pada computer?

Jawab :

Cara Setting TCP/IP Static

1. Click Start, Control Panel

2. Double-Click Icon Network Connection

3. CIick-kanan pada icon Local Area Connection, pilih properties

4. Double-Click Internet Protocol (TCP/IP) yang ada di dalam kotakdialog Local Area Connection, sampai keluar kotak dialog baru : Internet Protocol (TCP/IP) Protocol

5. Click use the following IP Address , Masukkan alamat IP. Misal alamat IP computer 1 adalah 192.168.1.1 dan komputer 2 adalah 192.168.1.2 dst, dengan subnet mask 255.255.255.0

6. Setelah setting TCP/IP ini telah dimasukkan, click OK untuk menutup kotak dialog Internet Connection (TCP/IP) Properties.

7. Click OK untuk menutup kotak dialog “Local Area Connection Properties”

8. Click Start, Run, sampai keluar kotak dialog RUN, dan ketikkan CMD, click OK

9. Di kotak dialog CMD, ketikkan : ipconfig untuk melihat IP anddres anda. 10.

10. Lakukan test ping koneksi dengan computer sebelah (computer dengan ip address 192.168.1.2, 192.168.1.3, dsb), dengan mengetik pada command prompt: ping 192.168.1.2, jika sudah terhubung maka akan mendapat pesan reply


15. jelaskan perbedaan POP3 dg IMAP?

Jawab :

POP3 IMAP

Sisi Aplikasi Protokol pop3 pada umumnya jalan di aplikasi email client sepertithunderbird, pegasus, microsoft outlook, outlook express, eudora danlain sebagainya

protokol imap menghandle di webmail client yaitu aplikasi yang jalan berbasis web yang diakses dari browser.

sisi pengambilan/penarikan email Pop3 mengambil email dari server dengan satu kali koneksi. Artinyapada saat kita ingin membaca email maka kita harus melakukan prosessinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua email akan ditarik ke komputer local pada saat terjadi koneksi internet keserver IMAP mengambil email pada saat user membuka surat saatterjadi konkesi internet keserver. Ibaratnya, pop3 itu adalah koneksisekali dan imap adalah berkali-kali.

sisi pembacaan email Inbox email yang menggunakan protokol pop3 hanya dapat dibacadikomputer lokal dimana sebelumnya telah dilakukan proses sinkronisasi.Semua email yang ada di inbox dapat dibaca kapan saja kita inginkantanpa harus ada koneksi internet keserver. protokol imap, membacaemail di inbox harus saat terjadi koneksi internet keserver.

sisi port yang digunakan pop3 menggunakan port 110 protokol imap menggunakan protokol 143.



VERSI BAJIROT MUMET SING BENER SING ENDY


‎1. Dalam TCP IP ada port number, itu apa?

Port Number merupakan bagian dari informasi pengalamatan yang digunakan untuk mengidentifikasi pengirim dan penerima pesan. Nomor port yang paling sering digunakan dengan TCP / IP koneksi. Router jaringan rumah dan komputer kerja perangkat lunakdengan port dan kadang-kadang memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi pengaturannomor port. Nomor port ini memungkinkan aplikasi yang berbeda pada komputer yang sama untuk berbagi sumber daya jaringan.


2. Ada beberapa protokol yang digunakan HTTP itu apa?portnya berapa,fungsinya apa?

Macam - Macam Protokol, Port dan Fungsi Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

1) HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW).

2) HTTPS (HyperText Transport Protocol Secure) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web,dan memberi tambahan Secure Socket Layer (SSL)

3) Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di Internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks. Gopher merupakan protocol yang sudah lama dan saat ini sudah mulai di tinggalkan karena penggunaannya tidak sesedeharna HTTP.

4) FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

5) Mailto, Protokol mailto digunakan untuk mengirim email melalui jaringan internet.

6) TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.

7) UDP (User Datagram Protocol) adalah TCP yang connectionless. Hal ini berarti bahwa suatu paket yang dikirim melalui jaringan dan mencapai komputer lain tanpa membuat suatu koneksi. Sehingga dalam perjalanan ke tujuan paket dapat hilang karena tidak ada koneksi langsung antara kedua host, jadi UDP sifatnya tidak realibel, tetapi UDP adalah lebih cepat dari pada TCP karena tidak membutuhkan koneksi langsung.

8) DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer,

9) PPP (Point to Point) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN).

10) SLIP (Serial Line Internet Protokol) merupakan sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP yang mendeteksi kesalahan dan konfigurasi.

11) ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet.

12) POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email

13) IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol ini sama dengan protokol POP (sama-sama protokol untuk nge download email), kelebihan protokol ini dibandingkan dengan POP, IMAP memungkinkan email tetap berada di mail server. Identitas protokolnya port 143.

14) SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Protokol ini digunakan untuk pengiriman email dengan menggunakan aplikasi email client (outlook express, eudora, thunderbird), dengan identitas port 25.

15) SSH (Secure Shell Hosting) adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote.

16) Telnet (TeleNetwork) adalah remote login yang dapat terjadi di internet karena ada service dari protocol TELNET

17) LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah suatu bentuk protokol client-server yang digunakan untuk mengakses suatu directory service.

18) SSL (Secure Socket Layer) adalah Protokol berlapis. Dalam tiap lapisannya, sebuah data terdiri dari panjang, deskripsi dan isi. SSL mengambil data untuk dikirimkan, dipecahkan kedalam blok-blok yang teratur, kemudian dikompres jika perlu, menerapkan MAC, dienkripsi, dan hasilnya dikirimkan. Di tempat tujuan, data didekripsi, verifikasi, dekompres, dan disusun kembali.


Protokol Komunikasi Pada TCP/IP terdapat beberapa protokol sub yang menangani masalah komunikasi antar komputer. TCP/IP merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis, diantaranya adalah :

1. Protokol lapisan aplikasi : bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dan masih banyak protokol lainnya. Dalam beberapa implementasi stack protokol, seperti halnya Microsoft TCP/IP, protokol-protokol lapisan aplikasi berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau NetBIOS over TCP/IP (NetBT).

2. Protokol lapisan antar-host : berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

3. Protokol lapisan internetwork : bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).

4. Protokol lapisan antarmuka jaringan : bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).


JENIS- JENIS PORT DAN FUNGSINYA

No Jenis port fungsinya

1. Port 80 Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80

2. Port 81 Web Server Alternatif ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port altenatif hosting website

3. Port 21 FTP Server Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21 dengan ftp server

4. Port 22 SSH Secure Shell Port ini digunakan untuk port SSH

5. Port 23 Telnet Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet

6. Port 25 SMTP(Simple Mail Transport Protokol) Ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port yg digunakan adalah port 25

7. Port 2525 SMTP Alternate Server Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standard port, namun dapat diguunakan apabila port smtp terkena blok.

8. Port 110 POP Server Jika anda menggunakan Mail server, user jika log ke dalam mesin tersebut via POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol) untuk menerima emailnya, POP3 merupakan protokol untuk mengakses mail box

9. Port 119 News (NNTP) Server

10. Port 3389 Remote Desktop Port ini adalah untuk remote desktop di WinXP.

11. Port 445 SMB over IP, File Sharing Kelemahan windows yg membuka port ini. biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer sharing, port inin mudah dimasukin virus atau worm dan sebangsanya


3. FTP itu apa?,DNS itu apa?

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.

1) FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

2) FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :

• Untuk tujuan sharing data

• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer

• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user

• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

DNS adalah singkatan dari Domain Name System, DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi. Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (74.125.93.105), kita tentu lebih mudah mengingat nama domain suatu situs dibandingkan IP address-nya bukan ? nah itulah kegunaan DNS. Jadi ketika anda mengetikkan nama domain suatu situs di browser anda lalu menekan enter, browser anda akan mengecek apakah nama domain tersebut ada di cache DNS browser anda (pernah anda buka situsnya sebelumnya), jika tidak browser anda tersebut akan menghubungi name server (server tempat DNS berada) yang digunakan oleh koneksi internet anda untuk kemudian menerjemahkan nama domain situs tersebut menjadi IP address, kalau ketemu maka anda akan dibawa ke lokasi server tempat halaman situs tersebut berada. Analoginya DNS itu seperti buku telepon, kita tahu nama orangnya tapi kita tidak tahu berapa nomor teleponnya, maka kita menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon orang yang kita maksud tersebut, hanya bedanya kalau dalam DNS tidak ada nama domain (nama orang kalau di buku telepon) yang sama


4. POP3 itu apa?NSF itu apa?

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk menarik atau mengambil email dari server email yang digunakan. Untuk menggunakan POP3 bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan POP3 di perlukan settingan:

1. Email Address : contoh —> anda@domainanda.com

2. Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com

3. Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com

4. Account Name : anda@domainanda.com

5. Password : password yang telah anda buat sebelumnya Sedangkan port untuk POP3 ialah 110

………………….

Pengertian POP3

POP (Post Office Protocol) merupakan protocol yang digunakan untuk pengelolaan e-mail. Dengan adanya fasilitas ini akan mempermudah untuk mendapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa perlu koneksi yang lama dari Internet. POP3 (POP - Version 3) merupakan POP yang standar untuk Internet. Protokol ini akan mengijinkan client untuk mengakses e-mail yang ada di POP server secara dinamis dan juga mengijinkan untuk meninggalkan atau menghapus e-mail yang ada di POP Server melalui POP client.

POP3 memungkinkan Anda untuk men-download pesan email pada komputer lokal Anda dan membacanya bahkan ketika Anda sedang offline dan berfungsi untuk menarik atau mengambil email dari server email yang digunakan.

Untuk menggunakan POP3 bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan POP3 di perlukan settingan:

• Email Address : contoh —> anda@domainanda.com

• Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com

• Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com

• Account Name : anda@domainanda.com

• Password : password yang telah anda buat sebelumnya

……………………………………………………………………………………………………..

Network File System (NFS) adalah file sistem terdistribusi protokol awalnya dikembangkanoleh Sun Microsystems pada tahun 1984, [1] memungkinkan pengguna pada komputerklien untuk mengakses file melalui jaringan dengan cara yang mirip dengan bagaimana penyimpanan lokal diakses. NFS, seperti protokol lainnya, dibangun di Jaringan Prosedur Panggil Komputasi Terbuka Jarak Jauh (ONC RPC) sistem. File System Jaringan adalah standar terbuka didefinisikan dalam RFC, sehingga siapapun untuk menerapkan protokol Terdapat dua bagian yaitu bagian server dan bagian client yang biasanya akan dipakai oleh user

1. Server

Terdiri dari disk fisik yang berisikan file-system yang di share (export)

Daemon-daemon yang bertugas melayani request dari client

2. Client

Komputer dengan software yang mendukung NFS client Melakukan mount terhadap file-system di server yang telah di export sebelumnya .User yang melakukan mount akan bisa mengakses file-system yang telah diexport tadi seperti mengakses file/direktori secara biasa

Keuntungan NFS Centralized

Memudahkan pengaturan

• Alokasi space per user

• Jika digabungkan dengan NIS, maka NFS akan bisa menjadi storage bagi user di dalam jaringan

Kerugian /Kelemahan NFS

• Desain awal hanya untuk jaringan yang lokal dan tertutup

• Security Congestion (Traffic yang tinggi bisa menyebabkan akses lambat) Konfigurasi Server Desain, Implementasi , Testing, Monitoring

Mendesain NFS Server

1) Memilih file system yang akan di export

2) Menentukan user yang boleh mengakses

3) Menentukan aturan penamaan dan aturan mount dari client

4) Mengkonfigurasi server agar sesuai dengan aturan yang sudah dibuat

5. Seandainya ada alamat web apa, berapa alamat DNSnya??dll

www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

Share this Article on :
 

© Copyright Alexbucely 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.