News Update :

kisi-kisi kewirausaha

Sunday, July 15, 2012


    • BAB II
      I. IDENTITAS PEMILIK USAHA
      a) Nama Usaha : “Percetakan Batu Bata Merah”
      b) Pemilik : Wahyudi
      b) Jenis Usaha : Kelompok Usaha Mandiri
      c) Status : Milik Sendiri
      e) Tahun berdiri : 2004

      II. LOKASI USAHA
      Lokasi operasional usaha ditempatkan didaerah ASRI SRIMULYO, GONDANG, SRAGEN yang memenuhi syarat sebagai berikut:
      1. Yang tentunya memiliki lahan yang luas
      2. Mudah terjangkau bahan bakunya
      3. Mudah mndapatkan sarana dan prasarana.
      4. Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.

      III. JENIS USAHA
      Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimililiki adalah Pembuatan Batu Bata Merah.

      IV. PROSPEK USAHA
      Rumah atau tempat tinggal pada umumnya menggunakan batu bata sebagai dasar bahan baku bangunannya. Penggunaan batu bata banyak digunakan untuk dinding pada bangunan perumahan, bangunan gedung, pagar, saluran dan pondasi. Batu bata umumnya dipakai sebagai penyangga atau pemikul beban yang ada diatasnya. Pesatnya pembangunan di sektor perumahan dan property menjadikan kebutuhan terhadap batu bata semakin meningkat, hal ini merupakan membuka peluang usaha dalam pengadaan material bangunan untuk mendukung pembangunan sektor tersebut

      V. SARANA DAN PRASARANA
      Sarana Dan Prasarana Yang Di Gunakan antara lain adalah sebagai Berikut:
      1. Sarana
      - Rumah Batu Bata(Gubuk)
      - Lahan Yang Luas

      2. Prasarana/Alat Yang Di Gunakan
      - Mesin Penggiling Tanah
      - Cangkul
      - Cetakan Batu Batu
      - Pisau
      - Air
      - Kulit Padi
      - Tanah

      VI. KEUNGGULAN PERCETAKAN BATU BATA KAMI
      Kami memiliki keunggulan di antara lain :
      1.kualitas yang selalu kami utamakan
      2.kecepatan memperoduksi yang lebih cepat
      3.Ramah lingkungan
      4.Bisa menerima pemesanan







      BAB III
      RINCIAN KEUANGAN
      I. PERKIRAAN MODAL AWAL
      a. Pembuatan Rumah Batu Bata(Gubuk) Rp.3.500.000
      b. Sewa Mesin Giling Tanah Rp 20.000/seribu/hr x 30 = Rp.600.000
      c. Cangkul Rp.80.000
      d. Tanah Rp.80.000/Dam = 3300 buah batu bata x 5 = Rp.4.000.000 = -+ 15.000 buah batu bata
      e. Kulit Padi Rp.7000/sak x 100 = Rp 700.000/bln
      f. Pisau Rp.7000/biji x 3 = Rp 21.000
      g. Air Rp 70.000/bln
      h. Alat cetak Rp.30.000 x 2 = 60.000
      i. Gaji pegawai Rp.40.000/hr x 2 = Rp.80.000/hr x 30 = Rp.2.400.000/bln
      j. Lain-lain Rp.20.000/hr x 30 = 600.000/bln

      Biaya Operasional
      • 2 Gaji pegawai. Rp.35.000 x 2 = Rp70.000/hr x 30 = Rp 2.100.000/bln
      • Air. Rp.65.000/bln
      • Sewa mesin giling tanah. Rp 15.000/hr x 30 = Rp 450.000/bln
      • Lain – lain Rp.600.000/bln

      Jumlah Keseluruhan = Rp.3.215.000


      II. MODAL & PENGHASILAN
      Modal yang kami butuhkan untuk medirikan usaaha Percetakan Batu Bata Merah ini plus biaya operasioanl selama 1 bulan pertama adalah Rp 15.246.000,- dengan laba bersih minimal Rp 3.535.000,- per bulannya.
      1 buah batu bata mempunyai nilai jual 450 rupiah, jadi apabila dalam satu bulan kami dapat membakar -+15000 buah batu bata maka kami bisa mendapatkan bruto 450 x 15000 = Rp. 6.750.00,-

      Pendapatan Kotor (Bruto):
      Mulai Bekerja Dari Jam 08.00 s.d. 16.00 = 8 Jam
      1 hari kurang lebih dapat mencetak 1000 buah batu bata dan dalam 1 bulan dapat menjadi batu bata siap bakar minimal 15.000 buah sudah termasuk proses penghalusan, pengeringan dll.
      Jadi apabila 1 buah = Rp 450,- maka Pendapatan Per Bulan =450 x 30 = Rp.6.750.000,-


      Pengeluaran :
      Gaji Pegawai. Rp.2.100.000/bln
      Air. Rp.65.000/bln
      Sewa Mesin Giling Tanah. Rp.450.000/bln
      Lain – lain. Rp.600.000/bln
      Jumlah = Rp.3.215.000


      Pendapatan Bersih/Bulan:
      Pendapatan Kotor =Rp. 6.750.000
      Pengeluaran =Rp. 3.215.000
      Pendapatan Bersih = Pendapatan Kotor – Pengeluaran
      = 6.750.000 – 3.215.000
      Jumlah = Rp. 3.535.000







      BAB IV
      ASPEK PEMASARAN

      I. STRATEGI PROMOSI
      Strategi promosi yang kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
      Bekerja sama dengan pihak pembangunan dalam rangka mengadakan kerja sama menyediakan bahan baku pembangunan.
      Bekerja sama dengan pihak Pendistribusi batu bata, jadi kita tidak usah takut apabila batu bata kita tidak laku, Ada pihak pendistribusi yang akan membeli batu bata kami dan pihak pendistribusi menjual atau memasarkan lagi kepada pembeli dan tentunya untuk mendapatkan ke untungan.

      II. TARGET PELANGGAN
      Target pelanggan adalah mereka yang akan membangun sebuah rumah untuk dirinya sendiri atau mungkin mencarikan untuk orang laen, dan pendistribusi yang akan mencari ke untungan dari pembeliannya yaitu dengan membeli batu bata merah langsung ke pembuatnya kemudian menjualnya lagi ke pelanggan – pelanggannya.

      III. SALURAN DISTRIBUSI
      Para pembeli batu bata merah serta para pelanggan yang akan membeli batu bata merah yang kami produksi bisa langsung datang sendiri ke lokasi usaha kami dan langsung bisa melihat sendiri hasil dari produksi kami dan dapat langsung memesan sesuai kebutuhan yang mereka butuhkan.







      BAB V
      I. PENUTUP
      Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam bagian mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan memajukan ekonomi Indonesia dan dengan dibuatnya proposal ini semoga bisa menjadi acuan kami untuk belajar menjadi seorang wirausaha. Dan mampu mengembangkan usahanya serta mampu meningkatkan perekonomian dan memperkecil angka pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar tempat usaha. Kami berharap usaha percetakan batu bata merah ini semakin maju, semakin banyak pesanan, semakin berkembang menjadi usaha percetakan yang lebih besar lagi dan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produk.
  • 15 menit yang lalu
    YudhiOne Wonk IsLam
    • Strength (Kekuatan)

      Riset and Development yang intensif
      SDM yang terlatih
      Harga Produk Yang Kompetitif
      Keadaan Distribusi dan Pangsa Pasar
      Harga Produk yang kompetitif dan SDM yang besar dan terlatih
      Sebagai inovator dalam industri soft drink
      Strategi pemasaran yang baik
      System informasi yang baik
      Kemasan produk yang menarik
      Loyalitas Konsumen
      Memiliki kepopuleran merk yang tinggi dan dikenal oleh masyarakat sedunia
      Coca Cola memenangkan penghargaan untuk kategori kemasan kaleng dari jenis produk yang paling inovatif dan atraktif
      v Weakness (Kelemahan)

      Inovasi dan ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi keinginan pasar
      Sebagai perusahaan beverage memiliki kontrak ekskulisif kepada Pepsi Company
      Ketersediaan bahan baku
      Coca Cola hanya berbasis pada kategori minuman dan belum merambah ke sektor lain
      Biaya produksi yang tinggi
      v Opportunity (Peluang)

      Kestabilan Struktur Harga dan Perkembangan Produk
      Bahan pendukung utama produk coca-cola dapat diganti dengan produk yang lain
      Respon Terhadap Promosi
      Pertumbuhan iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat
      Kerjasama dengan berbagai pihak
      Semakin meningkatnya pendapatan penjualan PT Coca – Cola
      Pendistribusian produk yang mudah ke berbagai daerah karena luasnya jaringan
      v Threat (Ancaman)

      Tingginya harga bahan mentah
      Ada banyak minuman subsitusi dari produk minuman yang lain
      Inovasi AS ke Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
      Peningkatan biaya per unit akibat keterbatasan bahan baku
      Di beberapa negara seperti India melarang penjualan coca-cola
Share this Article on :
 

© Copyright Alexbucely 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.