News Update :

kisi-kisi materi Komdat

Thursday, July 12, 2012

Multiplexing adalah Teknik menggabungkan beberapa sinyal untuk dikirimkan secara bersamaan pada suatu kanal transmisi.
Multiplexing : rangkaian yang memiliki banyak input tetapi hanya 1 output dan dengan menggunakan sinyal-sinyal kendali, kita dapat mengatur penyaluran input tertentu kepada outputnya, sehingga memungkinkan terjadinya transmisi sinyal yang banyak melalui media tunggal. (penggabungan 2 sinyal atau lebih untuk disalurkan ke dalam 1 saluran komunikasi

Disebut synchronous karena time slot-nya di alokasikan ke sumber-sumber tertentu dimana time slot untuk tiap sumber ditransmisikan. Dan dapat mengendalikan sumber-sumber dengan kecepatan yang berbeda-beda.

FDM
ØGabungan banyak kanal input menjadi sebuah kanal output berdasarkan frekuensi
ØDigunakan ketika bandwidth dari medium melebihi bandwidth sinyal yang diperlukan untuk transmisi.
ØTiap sinyal dimodulasikan ke dalam frekuensi carrier yang berbeda dan frekuensi carrier tersebut terpisah dimana bandwidth dari sinyal-sinyal tersebut tidak overlap.
ØContoh yang paling dikenal dari FDM adalah siaran radio dan televisi kabel.
Ø FDM disebut "code transparent"

      Modulasi dapat didefinisikan sebagai proses pengubahan parameter dari gelombang pembawa (amplitudo, frekuensi dan fasa) oleh sinyal informasi. Sinyal informasi dengan frekuensinya rendah ditumpangkan pada gelombang pembawa dengan frekuensi yang jauh lebih tinggi
      Modulasi merupakan proses memfasilitasi transmisi informasi melalui suatu media, contohnya seperti media kabel, udara, dan serat optik.
      Informasi yang dikirim dapat berupa analog maupun digital sehingga terdapat 2 jenis modulasi,yaitu:
      modulasi analog
      modulasi digital

modulasi analog
      Amplitude Modulation(AM)
      Frequency Modulation(FM)
      Phase Modulation(PM)
Modulasi digital

      Amplitude Shift Keying(ASK)
      Freqency Shift Keying(FSK)
      Phase Shift Keying(PSK)


Perbedaan utama antara modulasi digital dan modulasi analog adalah bahwa pesan yang ditransmisikan untuk sistem modulasi digital mewakili seperangakat simbol-simbol abstrak. Misalnya 0s dan 1s untuk sistem transmisi biner, sedangkan dalam sistem modulasi analog, sinyal pesan adalah gelombang kontinu

ASK
      Pada teknik modulasi ASK(Amplitude Shift Keying) data digital yang ditumpangkan direpresentasikan dengan cara mengubah-ubah amplitudo gelombang pembawa. Sinyal ASK menstransmisikan data biner ketika data modulasi ON adalah logika high dan OFF ketika modulasi sinyal adalah logika low. ASK(Amplitude Shift Keying) sering juga disebut dengan modulasi On-Off Keying(OOK)

PSK
      Digunakan suatu jumlah terbatas berdasarkan fase.
      merupakan skema modulasi digital modulation yang memberikan data dengan mengubah, atau memodulasi, fase sinyal referensi (gelombang karier). Fase diubah mewakili sinyal data.
Share this Article on :
 

© Copyright Alexbucely 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.