News Update :

kisi-kisi OAK

Thursday, July 12, 2012


  1.  Sebutkan beberapa komponen dalam system computer yang termasuk dalam primeri memori dan sekunder memori
JAWAB
Primery memori : kompoenen RAM
Sekunder memori : komponen CD, Flasdhisk, hard drive, MMC, disket

  1. Misalkan ada sebuah proses yang memiliki base register di alamat 3004H dengan limit register 12090H, akan dipetakan ke dalam memori fiisk. Tentukan alamat terakhir alokasi memorinya dan lengkapi dengan gambar.

  1. Mengapa diperlukan peetaan memori dan pengalamatan memori
 Jawab
§  Karena pemetaan berfungsi untuk  mengatur kekurangan pemetaan langsung dengan cara mengerjakan setiap blok memori utama untuk dimuatkan ke semua ring saluran cache.
§  Pengalamatan memori digunakan untuk agar saat melakukan pemetaan memori tidak terpisah pisah dan berceceran kemana-mana dan agar memori tidak tersebar ke saluran cache yang salah atau keliru.


  1. Sebutkan dan beri penjelasan tentang beberapa algoritma dalam strategi alokasio proses ke dalam memori
Jawab
  1. Cocok pertama / First fit algorithm
Pencocokan terjadi menurut antrian informasi, informasi yang terdepan dicocokkan terlebih dahulu dan menurut urutan penggalan, penggalan yang terdepan dicocokkan terlebih dahulu.
  1. Cocok pertama berdaur / Cyclical first fit
Pencocokan tidak harus dimulai dari urutan penggalan memori pertama.
  1. Cocok terbaik / best fit
Mencari penggalan memori yang dapat menampung informasi yang paling pas / tidak ada memori di penggalan yang tersisa / sisanya yang paling kecil.Contohnya informasi pertama 2K mencari penggalan informasi yang terpas yaitu pada penggalan memori 2K juga / tidak ada sisa.
  1. Cocok terburuk / worst fit
Kebalikan dari cocok terbaik yaitu akan menempati penggalan yang ukurannya terbesar sehingga banyak ruang memori pada penggalan itu yang tidak terpakai.
  1. Fragmentasi
Fragmentasi yaitu penyiaan/pemborosan memori akan terjadi pada setiap organisasi penyimpanan.
  1.   Sistem Buddy
Sistem buddy adalah algoritma pengelolaan memori yang memanfaatkan kelebihan penggunaan bilangan biner dalam pegalamatan memori.
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan
    1. SISD
    2. SIMD
    3. MISD
    4. MIMD
Jawab
§  Single Instruction Single Data Stream (SISD), yaitu sebuah komputer yang tidak memiliki cara untuk melakukan paralelisasi terhadap instruksi atau data. Contoh mesin SISD adalah PC tradisional atau mainframe yang tua.
§  Multiple Instruction, Single Data Sream (MISD), yaitu sebuah komputer yang dapat melakukan banyak instruksi terhadap satu aliran data. Komputer ini, tidak memiliki contoh, karena meski pernah dibuat, hal itu dibuat sebagai purwarupa (prototipe), dan tidak pernah dirilis secara massal.
§  Single Instruction, Multiple Data Stream (SIMD), yaitu sebuah komputer yang mampu memproses banyak aliran data dengan hanya satu instruksi, sehingga operasi yang dilakukan adalah operasi paralel. Contoh dari SIMD adalah prosesor larik (array processor), atau GPU.
§  Multiple Instruction, Multiple Data stream (MIMD), yaitu sebuah komputer yang memiliki beberapa prosesor yang bersifat otonomus yang mampu melakukan instruksi yang berbeda pada data yang berbeda. Sistem terdistribusi umumnya dikenal sebagai MIMD, entah itu menggunakan satu ruangan memori secara bersama-sama atau sebuah ruangan memori yang terdistribusi.

  1. Sebutkan dan jelaskan 3 hal yang harus dipenuhi dalam mekanisme cache coherence
Jawab
  1. magnetic disk 
  2.  internal register. : untuk penduplikasian cache pada operasi I/O
  3.  masing-masing prosesor mempunyai local cache



  1. floating point 
jawab Floating Point adalah Sebuah bilangan yang memiliki nilai pecahan atau bilangan desimal ( angka dibelakang titik ) disebut dengan bilangan floating point, bilangan ini dapat diperoleh dari hasil proses pembagian atau langsung diisikan ke variabelnya. Untuk memasukkan sebuah bilangan floating point ke dalam suatu variabel, gunakan tanda desimal yaitu : titik yang digunakan untuk memberikan suatu nilai agar memiliki nilai bilangan desimal.

2.  aturan penulisan floating point sesuai dtandart
jawab
aturan dalam penulisan floating point dilakukan dengan menuliskan dalam bentuk exponesial. Sehingga bilangan tersebut memiliki bilangan dasar, bilangan pemangkat dan bilangan basis tersebut.

3. sistem bus
jawab
BUS Sistem adalah  Sebuah Bus yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer (CPU, Memori ,I/O)

4. peerbedaan memori primer dan sekunder
jawab
Penyimpanan Primer biasanya mengacu pada random access memory (RAM),
            Lebih cepat , lebih mahal , butuh listrik untuk penyimpanan
Penyimpanan Sekunder mengacu pada komputer internal hard drive. RAM, biasa disebut “memori,” dianggap sebagai penyimpanan utama, karena menyimpan data yang secara langsung dapat diakses oleh CPU komputer.
            Lebih lambat, lebih murah, tanpa listrik masih bisa menyimpan

5. fungsi pememtaan memori
Jawab
Fungsi pemetaasn ada 2 yaitu
  • Pemetaan langsung merupakan teknik yang paling sederhana dengan meletakkan masing- masing memori utama hanya dengan sebuah saluran cache saja.
  • Pemetaan  : pemetaan yang mengatur kekurangan pemetaan langsung dengan cara mengerjakan setiap blok memori utama untuk dimuatkan ke semua ring saluran cache.


  1. konsep paralel organazation n keunggulan multi procesor pada sistem computer
jawab
KEUNGGULAN MULTIPROCESSOR a) Peningkatan throughput, karena lebih banyak proses / thread yang berjalan     dalam satu waktu sekaligus (jika proses yang antri di ready queue sedikit). Perlu     diingat hal ini tidak berarti daya komputasinya menjadi meningkat sejumlah     prosesornya. Yang meningkat ialah jumlah pekerjaan yang bisa dilakukannya     dalam waktu tertentu. b) Economy of scale (ekonomis), ekonomis dalam devices yang dibagi bersama –     sama. Prosesorprosesor terdapat dalam satu komputer dan dapat membagi     peripheral (ekonomis) seperti disk dan catu daya listrik. c) Peningkatan kehandalan (reliabilitas), Jika satu prossor mengalami suatu     gangguan, maka proses yang terjadi masih dapat berjalan dengan baik karena     tugas prosesor yang terganggu diambil alih oleh prosesor lain. Hal ini dikenal     dengan istilah Graceful Degradation. Sistemnya sendiri dikenal bersifat fault     tolerant atau failoft system.
  1. Aritmatika pada sistem computer
Jawab
Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU bekerja besama-sama memori, di mana hasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori.
  1. Interface pada sistem computer
Jawab
Interface adalah alat dan konsep yang mengacupadatitik interaksi antara komponen, dan berlaku pada tingkat hardware dan software. Hal ini memungkinkan komponen, apakah hardware seperti kartu grafis atau software seperti browser  internet, untuk berfungsi secara independen saat menggunakan interface untuk  erkomunikasi dengan komponen lain melaluiinput/output sistem dan protokol yang terkait.

  1. Memory
Jawab
Memori adalah suatu tempat penyimpanan yang diguanakn dalam computer untuk menyimpan data seperti RAM dan hardisk memori juga dibagi yaitu memori primer dan sekunder.
10.  Virtual memori
Jawab
Pengertian : yaitu memori yang sementara yang digunakan computer untuk menjalakan berbagai program aplikasi atupun menyimpan data yang membutuhkan memori yang  tersedia ( RAM).
Fungsi : untuk mengoptimalkan kinerja computer dengan tambahan memori maka kemungkinana terjadi cresh (trobel) sangat sedikit
Share this Article on :
 

© Copyright Alexbucely 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.